Emm hari ini hari minggu, minggu pertama di bulan april. Bandung hujan dari siang dan cuacanya rada dingin. Bagiku semua hari adalah baik dan spesial, begitupun dengan hari minggu, mereka punya kisah sendiri-sendiri dan artinya, di hari minggu juga tetap harus produktif seperti hari-hari sebelumnya.  Ini juga aku ngetik disambil nunggu cucian yang sedang direndem, jadi daripada bengong buat nunggu 5-10 menit mending aku sharing aja.

Okey, waktu aku masih duduk di bangku sekolah dasar, hari minggu adalah hari yang paling aku nanti karena di hari minggu aku bisa nonton film kartun kesukaanku udah gitu bisa bangun siang (udah subuh, tidur lagi..hehe). Aku bisa main sama teman-teman dan palingan les pagi 2 jam (itupun buat ajang ketemu temen-temen, ngga konsen belajar hahaha) dan pergi ke sanggar tari (karena aku nggak bisa diem ya mending diikutkan sanggar tari aja sama ibu, harapannya biar aku bisa mengekspresikan diriku ke arah positif).

Namun, ketika aku SMP dan SMA nggak ada lagi hari buat malas-malasan di hari minggu, seperti bangun siang dan nonton film, soalnya hari minggu aku tetep masuk sekolah seperti biasa (sekolahku sekolah swasta islam jadi hari minggu tetap masuk, jumat libur namun dihari jumat masuk sekolah buat ngikutin kegiatan ekstrakulikuler).

Mulai dari situ aku ngerasa hari-hariku sewaktu sekolah nggak ada istirahatnya, maksudku nggak ada waktu banyak bermain, ketemu banyak temen-temen. Iya ketemu temennya dan bermainnya di sekolah, itupun sambil ngikutin ekstrakulikuler. Dulu banyak banget yang aku ikutin kayak ekstrakulikuler karawitan (musik tradisional jawa, disini kita diajarin buat memainkan musik gamelan), pramuka, pmr, karate dan tilawah Al-quran. Cuma yang pramuka dan pmr aku sering bolos dan akhirnya keluar. Kenapa suka bolos dan keluar? emmmm, waktu itu les pelajaran macam matematika, fisika, dan biologi di sekolah sedang padet-padetnya, dan juga waktu itu ada proyek pelajaran elektro membuat radio jadi aku menyolder sendiri itu kabelnya dengan alat soder bersama teman-teman, pokoknya sampai bunyi aja itu radio. Belum lagi tiap minggu harus setor satu surat dan hadist dan itu suratnya panjang-panjang seperti surat An-Naba dan masih banyak lagi udah gitu hafalan hadistnya per ayat dan disertai artinya. ya pokoknya bagiku saat itu aku ngerasa padet banget.

Aku bersukur udah ngelewatin masa-masa itu dalam hidupku, masa dimana aku banyak belajar, belajar nggak hanya ilmu pengetahuan alam, sosial dan agama tetapi juga ilmu kedisiplinan. Dari smp jam 4 aku dibangunin buat solat subuh berjamaah, membaca alquran, mencuci baju sendiri, mencuci sepatu pokoknya semuanya diajarin disiplin dan rapih.

Dan apa hubungannya itu semua dengan hari mingguku?. Iya, sekarang aku terbiasa untuk tetap produktif meskipun itu hari minggu, aku berusaha membuat hari mingguku agar tetap produktif. Dan apa aja yang aku lakuin agar tetap produktif?

Pertama: Bangun pagi dengan bangun pagi, badan menjadi segar dan otakpun berfungsi maksimal.

Kedua: Jalan pagi atau lari pagi, yang jelas buat kamu bisa menghirup udara segar di pagi hari, atau setidaknya tubuhmu biarkan sebentar sekurang-kurangnya 10-15 menit untuk terkena paparan sinar matahari. Di pagi hari sebelum jam 10, cahaya matahari merangsang tubuh memproduksi vitamin D.

Ketiga: Menyelesaikan kerjaan rumahan semisal mencuci, menyetrika, beberes tempat tidur, beberes ruangan, liat-liat lagi baju dilemari udah rapih apa belum, rapihin sepatu kalau aku, sepatu yang udah nggak dipake dalam waktu dekat, aku cuci dan masukin plastik / bungkusnya, keluarin isi tas, isi dompet, bersihin tas dan dompet, ini juga penting, membersihkan tempat makeup, apalagi untuk peralatan makeup yang biasa dipake sehari-hari seperti eye make up brush, blush brush, penjepit bulu mata..nah ini penting karena jerawat itu bisa timbul dari peralatan makeup yang jarang dibersihiin atau malah bahkan ngga pernah. Kalau aku ngersihinnya seminggu sekali.

Keempat: Melakukan hal-hal yang disuka dan bisa bikin nambah pengetahuan, kalau aku setelah semua pekerjaan selesai, aku baca-baca sebentar entah buku, jurnal, majalah dan artikel, atau juga bisa nonton film yang disuka misal documenter atau biografi.

Kelima: Buat prakarya misal ngegambar, ngelukis, atau knitting kalau aku biasanya suka ngewarnain coloring book for adults gitu, karena dengan mewarnai bisa ngilangin jenuh.. cuma itu nggak tiap minggu juga.

Keenam: Pergi ke tempat les bahasa atau pergi ketempat yang disuka misal ke kebun binatang atau ke museum atau masak menu baru dirumah atau pergi buat nyoba tempat makan baru, atau ke gramedia, atau melakukan apa aja yang berkaitan dengan hobimu.

Nah, itu beberapa cara biar hari minggu tetap produktif, jadi nggak nempel aja di sofa atau tempat tidur atau jangan-jangan malah bengong seharian ngak ngapa-ngapain hehe..

DO SOMETHIMG PRODUCTIVE tomorrow is a new day, make something of it.

 

 

 

 

 

 

 

 

