Jadi  3 hari kemaren aku sakit, dan sakitnya ini emang sedikit parah dari sebelumnya.  Badan anget, kepala pusing, hidung mampet. Buat ngerjain kerjaan ngga konsen, buat ngomong juga ngga konsen, buat nulis message typo muluk. Akhirnya banyak rencana-rencana yang nggak kekejar di hari itu.

Yups, lagi-lagi aku terkena Alergi Rinitis (hay fever). Alergi rinitis mirip dengan flue tapi berbeda sama penyakit flue (common cold). Alergi rinitis disebabkan oleh reaksi alergi sedangkan flue itu desebabkan oleh infeksi virus.

Alergi rinitis diantaranya disebabkan oleh debu, bulu binatang, cuaca dingin atau lingkungan dingin dan lain-lain. Kalau aku sendiri selain cuaca dingin di bandung akhir-akhir ini, juga disebabkan oleh es. Iya, aku nggak bisa berlama-lama berada di tempat dingin atau ruang ber AC dan aku juga nggak bisa memasukkan minuman dingin atau makanan dingin ke tubuhku. Jadi setelah minum minuman dingin langsung deh sakit.

Ciri-ciri Alergi rinitis ini tuh diantaranya: hidung tersumbat, hidung gatal, hidung berair, mata berair, mata gatal, batuk dan bersin-bersin.

Akibat dari Alergi rinitis ini yang pasti adalah berkurangnya kualitas hidup. Alergi ini menyebabkan kegiatan sehari-hari terhambat, menyebabkan penderitanya kurang produktif dan yang paling parah adalah menyebabkan penderitanya susah tidur.

Dulu aku suka remehin banget alergi ini, namun kalau udah alerginya parah dan kadang juga menganggu pernafasanku, aku baru ke dokter. Sebenarnya kita tidak boleh remehin suatu alergi walau itu tidak parah, karena suatu alergi yang biasa bisa menjadi alergi yang serius. Nah, tak terkecuali alergi rinitis ini, jika penderita alergi ini memiliki asma, maka akan memperparah tanda-tanda asma dan gejala asma seperti batuk dan mengi. Selain itu, alergi rinitis ini sering menjadi faktor utama penyebab terjadinya infeksi telinga tengah (otitis media).

Alhamdulillah, alergiku belum ke arah yang serius. Tetapi, karena aku punya riwayat asma, ya walau hanya pernah sekali kambuh sewaktu duduk di sekolah dasar, namun itu mempengaruhi ketika aku terkena alergi ini. Jadi, ketika aku terkena alergi ini, nafasku jadi nggak teratur, nafas sesak. Dan gegara alergi ini, aku tidak boleh minum es untuk beberapa bulan kedepan. Emm…

Kalau kalian punya ciri-ciri seperti yang aku sebutin di atas, langsung minum obat ya atau kalau udah ngerasa sangat menganggu, baiknya kalian pergi ke dokter biar nggak semakin parah.

 

 

 

 

