Apakah Dapur itu?

Dapur adalah bagian dari ruang yang digunakan untuk memasak dan menyiapkan makanan.

Dapur terdiri dari 2 bagian, diantaranya dapur bersih  (dry kitchen) dan dapur kotor (Wet kitchen). Nah, apa yang dimaksud dengan dapur bersih (dry kitchen) dan dapur kotor (wet kitchen) itu?

Dapur kotor (wet kitchen) adalah area yang digunakan untuk proses mengolah makanan, biasanya makanan yang diolah di area ini adalah makanan yang berat seperti masakan daging rendang, gulai sapi, empal gentong, nasi goreng, nasi briyani dan makanan lainnya yang membutuhkan proses lama untuk memasaknya. Sedangkan, untuk Dapur Bersih (dry kitchen) atau yang biasa kita sebut dengan pantry adalah area yang digunakan untuk mengolah makanan ringan seperti memanaskan makanan cepat saji, memotong buah, membuat minuman seperti teh dan kopi, dan menyiapkan  sarapan.

Untuk mengetahui perbedaan antara dapur kotor (wet kitchen) dan dapur bersih (dry kitchen/ pantry)  kita juga dapat melihatnya dari peralatan dapur (home appliances) yang digunakan di area tersebut.

Untuk Dapur kotor biasanya peralatan yang digunakan diantaranya adalah freestnding hob, built in hob, hood, sink, refrigerator, oven, ricecooker, rice box, freezer dsb. Sedangkan untuk dapur bersih peralatan yang biasa digunakan diantaranya adalah microwave, toaster, hingga mesin pembuat kopi.

Selain itu area kerja (working areas) dapur itu terbagi menjadi beberapa wilayah, hal ini untuk memudahkan user melakukan aktivitasnya di dapur.

Dapur dibagi menjadi lima wilayah kerja yang mewakili aktivitas yang dilakukan di dalam dapur. Setiap daerah ditentukan oleh peran, kegunaan dan penggabungan modul, aksesoris dan peralatan listrik yang berhubungan satu dengan lainnya.

Pertama: Provisions/ Penyimpanan Bahan Makanan 

Area dapur untuk menyimpa makanan yang sudah ada (bahan makanan dan masakan) seperti selai, beras, gandum, cereal dan pasta, serta brang-barang yang diinginkan. Hal ini juga mencakup kabinet penyimpanan dan kulkas.

Kedua: Storage/ Penyimpanan Peralatan

Daerah/ area dapur ini adalah untuk menyimpan piring, gelas dan sendok garpu. Modul kabinet dan aksesoris yang digunakan, kesemuanya untuk memastikan akses yang mudah dan kemudahan dalam penyimpanan.

Ketiga: Washing/ Pencucian

Daerah ini meliputi wastafel, mesin cuci piring, dan ruang untuk tempat memilah dan membuang sampah serta produk embersih dan aksesoris.

Keempat: Preparation/ Persiapan

Ini adalah area utama dari dapur. Sebagian besar persiapan dilakukan di sini. Peralatan kerja, talenan dan pisau, serta bumbu-bumbu dan banyak hal lainnya, harus disimpan dalam jangkauan kerja hingga dapat langsung ke meja kerja.

Kelima: Cooking/ Memasak

Daerah/area ini dipersiapkan sbagai tempat memasak, oven, steamer, microwave, hood, piring-piring, panci dan wajan, peralatan memasak dan aluminium foil. Modul khusus yang dirancang untuk mengintegrasikan item-tem ini satu sama lainnya dengan mudah ke dalam suatu desain dapur.

Nah, Jenis untuk dapur pun ada beberapa macam mengikuti fungsinya. Diantaranya U- Shaped kitchen, L-Shape Kitchen,G-Shape,Corridor Kitchen,Kitchen with Island dan Gallery kitchen.

Advertisements